Friday, March 13, 2015

TEGNOLOGI KREATIF

Sepele tapi ini Sebabkan Cas HP Anda Terbakar

Kamis, 12 Maret 2015 21:48
Sepele tapi ini Sebabkan Cas HP Anda Terbakar
Hai
Ilustrasi cas HP terbakar 
TRIBUN-TIMUR.COM - Sejak April 2014-Desember 2014 ternyata ada 9 kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh terbakarnya bagian charger smartphone di Jepang. Apa sih penyebab charger smartphone bisa terbakar gitu?
Institut Kesehatan dan Kehidupan Perfektur Hyogo memberikan peringatan kepada masyarakat Jepang agar berhati-hati pada saat men-charge smartphone-nya. Soalnya, dua kasus di antaranya mengakibatkan luka ringan pada bagian tangan manusia.
Januari 2015 lalu bahkan seorang anak perempuan usia 10 tahun akhirnya juga luka-luka pergelangan tangannya karenasmartphone-nya yang di-charge di dalam mobil tiba-tiba meledak dan terbakar.
Di kasus lain ada seorang anak laki-laki cedera luka bakar pula Februari 2015 akibatsmartphone yang terbakar pula saat di-charge.
Menurut Institut tersebut penyebab kebakaran karena adanya keringat atau air dekat colokancharge smartphone tersebut. Demikian pula adanya debu campuran yang mengandung zat bahaya dekat colokan charger sehingga memicu terjadinya kebakaran atau hubungan pendek (korsleting) pula.
Dari hasil penelitian Institut tersebut, apabila terjadi penge-charge-an pada smartphone maka suhu alat tersebut bisa melonjak menjadi 300 derajat Celcius setelah lima menit.
Konektor akan meleleh dan panas yang timbul akan mendadak membakar smartphonesehingga terjadi kebakaran.
Oleh karena itu Institut menyarankan agar pemakai smartphone sering memperhatikan bagian charger agar tetap bersih jangan terpolusi oleh apa pun, karena bagian tersebut sangatlah sensitif dan sumber kebakaran padasmartphone.
Jangan pula meninggalkan smartphone yang di-charge berlama-lama karena segala kemungkinan bisa terjadi pada smartphonetersebut saat atau selama pengisian ulang batere.

No comments:

Post a Comment